News

You are here:Home News


Aktivitas Gunung Agung di Bali tetap tinggi dengan semakin banyaknya gempa vuklanik dangkal, yang tercatat 38 kali selama enam jam.
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG, Kasbani mengatakan peningkatan gempa vulkanik itu menunjukkan pergerakan magma mulai naik ke permukaan.
"Kegempaan masih tinggi dan gempa vulkanik dangkal semakin banyak merupakan indikasi bahwa sumber letusan dekat dengan permukaan kawah gunung," jelas Kasbani kepada BBC Indonesia, Minggu (24/09).
Berdasarkan pantauan dari Pos Pemantauan Gunung Agung yang terletak di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Karangasem, juga mencatat sering terjadinya gempa tektonik lokal mencapai 3,5 skala richter.
Sejak pukul 00.00 - 12.00 Wita tercatat 332 kali gempa vulkanik dalam, 211 kali vulkanik dangkal dan 43 kali gempa tektonik lokal.

Kepala bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Gede Suantika mengatakan aktivitas magma berada pada jarak 1-2 km di bawah puncak Gunung Agung.
Meski demikian aktivitas Gunung Agung tidak dapat diperkirakan, bahkan penurunan status juga dimungkinkan ""Tidak bisa dipastikan kapan, tergantung aktivitas kegempaan," jelas Suantika.
Selain aktivitas kegempaan, dari pemantauan juga menunjukan adanya asap putih solfatara di puncak Gunung Agung. "Secara visual terlihat asap putih setinggi 200 meter di puncak gunung," ujarnya.
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG telah menetapkan status awas (level IV) untuk Gunung Agung.
Sementara itu, penerbangan dari dan menuju Bali masih normal, dan belum ada gangguan.

Gelombang pengungsi
Peningkatan status Gunung Agung menyebabkan peningkatan gelombang pengungsi dari desa-desa sekitarnya, sementara sejumlah desa yang berada di radius kurang dari 5 km puncak Gunung Agung telah dikosongkan.
Sampai Mingg sore Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB menyebutkan jumlah pengungsi mencapai 34.931 jiwa yang tersebar di 238 titik pengungsian.
Seorang penduduk Banjar Dinas Sebudi, Desa Sebudi, kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem. Made Sukarta (43) mengatakan memilih mengungsi karena merasakan getaran gempa."Getarannya keras sekali," kata Sukarta yang ditemui di pos pengungsian GOR Swecapura, Klungkung, Bali, Minggu (24/9).

Dia mengungsi bersama istri dan seorang anak dan terpaksa menjual satu-satunya sapi miliknya dengan harga Rp 5 juta, jauh di bawah harga normal. "Dua hari lalu sudah jual sapi satu ekor, dijual Rp 5 juta. Biasanya dulu 12 juta, terpaksa karena keadaan, yang penting kita selamat," kata Sukarta.Selama di pengungsian Sukarta mengalu mendapat pelayanan yang cukup baik. Namun, dia berharap semua cepat selesai dan bisa segera kembali ke rumah.

Warga Desa Telungbuana, kecamatan Selat, Karangasem Wayan Tami mengaku terpaksa menjual ternaknya, karena khawatir jika ditinggalkan di rumah.
Bersama keluarga, dia sudah empat hari mengungsi, karena tak tahan dengan getara gempa akibat peningkatan aktivitas Gunung Agung yang semakin keras.
Wayan mengaku tak mengetahui sampai kapan harus berada di pengungsian.
"Harapannya gunungnya cepat-cepat meletus biar cepat pulang," kata Wayan. (bbcindonesia.com)

Nusa Dua - Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) akan mengadakan pemilihan pemain terbaik besok. Ada lima pemain Indonesia masuk nominasi. Siapa saja?

Awarding night merupakan kegiatan yang memberikan apresiasi kepada pesepakbola yang memiliki prestasi di Asia Tenggara. Ada lima pemain Indonesia masuk di dalamnya, yaitu Kurnia Mega Hermansyah (Arema FC), Rizki Rizaldi Pora (Barito Putera), Stefano Lilipaly (Bali United), Boaz Theofilus Erwin Solossa (Persipura Jayapura), dan Andik Vermansyah (Selangor FA).

Acara penghargaan akan dilaksanakan di sela-sela forum meeting AFF di Nusa Dua Bali pada hari Sabtu (23/9/2017) malam besok.

"Saat kita kita sedang dalam proses membangun kembali kekuatan sepak bola Indonesia. Adanya apresiasi terhadap pemain Indonesia dari komunitas sepak bola internasional, tentu menjadi suntikan motivasi yang bagus buat kita," kata Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria dalam rilis kepada detikSport.

Selain nominasi permain terbaik, awarding night tersebut juga akan memberikan penghargaan kepada wasit dan pelatih terbaik.

Pada acara malam penganugrahan AFF, PSSI juga mengundang para legenda sepak bola Indonesia dan beberapa pelatih. Beberapa legenda sepak bola nasional yang sudah memastikan hadir. Selain Firman, ada Marzuki Nyakmad, Risdianto, Rully Rudolf Nere, Heri Kiswanto, dan Danurwindo.

Pada pertemuan AFF 12th Council tersebut, tak hanya menggelar awarding night tetapi juga membahas isu-isu sepakbola di Asia Tenggara, termasuk membahas pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034.

"Yang benar lima, mbak. Itu (dalam pemberitaan sebelumnya) mungkin data lama. Data yang baru diterima hari ini cuma lima pemain," ujar Direktur Media PSSI Gatot Widakdo kepada detikSport. (detiksport.com)

Sinema adaptasi novel karya Stephen King, IT telah melewati rekor The Exorcist sebagai film horor berpendapatan tertinggi dalam basis domestik.

Rekor IT ini ditembus dengan beberapa peringatan. Melansir Variety, sinema klasik karya William Friedkin, The Exorcist masih menjadi film horor dengan penghasilan tertinggi dalam basis internasional sepanjang sejarah.

The Exorcist mengantongi total US$441,3 juta (Rp5,9 triliun) secara global, sedangkan IT sejauh ini telah menghasilkan US$404,3 juta (Rp5,4 triliun). Namun, The Exorcist dirilis pada 1973 silam, sehingga rekor pendapatannya itu belum dihitung dengan akumulasi inflasi saat ini.

Meski demikian, capaian IT tentu masih layak untuk dirayakan oleh Warner Bros. dan New Line, studio yang bertanggungjawab atas kembalinya badut pemakan bocah, Pennywise ke layar lebar.

IT telah menghasilkan US$236,3 juta (Rp3,14 triliun) secara domestik, sementara di masanya, The Exorcist meraih US$232,9 juta (Rp3 triliun). Untuk menambah ‘teror’ kepada pecinta horor ’70-an, The Exorcist merilis ulang dua klip potongan sutradara.

IT disutradarai Andres Muschietti dan dibintangi oleh Bill Skarsgard yang memerankan Pennywise, bersama para aktor cilik berbakat, Jaeden Lieberher, Jeremy Ray Taylor, Sophia Lillis dan Finn Wolfhard. Film ini mengikuti segerombolan remaja yang tengah berjuang melawan sebuah kekuatan jahat yang meneror kota mereka.

Film ini diproduksi dengan total bujet US$35 juta (Rp465,5 miliar) dan melewati rekor The Exorcist hanya dua pekan setelah tayang perdana. Dengan pendapatan raksasa ini, tak mengherankan jika Warner Bros. dan New Line tengah berencana untuk membuat sekuel IT, IT: Chapter Two.

IT diperkirakan akan segera mencetak rekor-rekor lainnya, mengingat posisinya yang hingga kini masih belum tergoyahkan di daftar film box-office. Film ini kini menjadi sinema berkategori-R dengan pendapatan tertinggi ke-9 sepanjang sejarah dan tertinggi di antara film yang dirilis pada September 2017. (cnnindonesia.com)

Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho mengancam Korut bakal melakukan uji coba bom hidrogen di Samudra Pasifik dalam skala terbesar.

Jika direalisasikan, pengetesan bom tersebut bakal menjadi uji coba nuklir ketujuh yang dilakukan Korea Utara.

Kepada wartawan di New York, Jumat (22/9), Ri mengatakan langkah itu dipertimbangkan seiring dengan ancaman Kim Jong-un terhadap Amerika Serikat.

Pemimpin Korut itu menyatakan bakal memberikan "langkah balasan dengan skala tertinggi dalam sejarah" setelah Presiden Donald Trump melontarkan pernyataan keras di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, beberapa hari lalu.

Dalam pidatonya, Trump bersumpah akan benar-benar menghancurkan Korut jika diperlukan, dan Kim memperingatkan AS akan "membayar dengan sangat mahal" karena "orang tua gila" itu berani mengancam Korut.

"Saya akan membuat orang yang memegang komando tertinggi di AS membayar mahal karena pidatonya yang menyerukan ingin menghancurkan Korut habis-habisan," kata Kim melalui KCNA, dilansir AFP.

Kim menyebut Trump "gila" karena berani dengan secara terbuka mengungkapkan keinginan menghancurkan negara berdaulat di hadapan forum internasional seperti PBB.

Kim Jong-un mewarisi kepemimpinan sang ayah, Kim Jong-il, pada 2011 lalu. Sejak saat itu, ia semakin menggencarkan pembangunan nuklir dan rudal hingga melebihi pendahulunya.

Pyongyang mengklaim memerlukan senjata nuklir untuk mempertahankan diri dari agresi AS "yang agresif dan otokratis."

Sejak awal 2017 pun, Korut terus menggencarkan pengembangan program nuklir dan rudalnya. Sepanjang tahun, rezim Kim Jong-un telah melakukan 19 kali uji coba rudal dua diantaranya dilakukan melintasi Jepang.

Pyongyang juga melakukan uji coba nuklir untuk keenam kalinya pada awal September lalu, meski sanksi internasional terus menghujani negaranya.

"Ucapan Trump kemarin semakin meyakinkan saya, alih-alih menakuti saya, bahwa jalan yang saya pilih [untuk kembangkan nuklir] adalah benar dan harus saya lanjutkan," kata Kim Jong-un. (cnnindonesia.com)

Page 1 of 216

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM