News

You are here:Home News


Vietnam menghentikan ekspedisi pengeboran gas di perairan Laut Cina Selatan yang menjadi sengketa sejumlah negara setelah Cina melancarkan ancaman.
Sebuah sumber dalam industri minyak Vietnam mengatakan kepada BBC bahwa para petinggi perusahaan Repsol diminta pemerintah Vietnam meninggalkan kawasan pengeboran.
Instruksi itu dikeluarkan lantaran Cina disebut mengancam menyerang sejumlah pangkalan Vietnam di Kepulauan Spratly jika pengeboran tidak dihentikan. Laporan ini kemudian dikonfirmasi sumber diplomatik Vietnam.

Ekspedisi pengeboran dimulai bulan lalu di perairan sejauh 400 kilometer lepas pantai Vietnam bagian tenggara. Oleh pemerintah Vietnam, kawasan yang disebut Blok 136-03 itu disewakan ke Talisman-Vietnam, anak perusahaan Repsol Spanyol.
Akan tetapi, di pihak lain, Cina telah menyewakan kawasan perairan yang sama kepada perusahaan lain. Belum jelas perusahaan yang mana, namun pada 2015 area yang disebut Wanan Bei-21 oleh pemerintah Cina itu telah dijual ke perusahaan Brightoil di Hong Kong.
Belakangan, perusahaan tersebut membantah memilikinya. Dua dari anggota dewan direksi Brightoil adalah anggota Partai Komunis Cina.

Seorang analis, yang tidak ingin identitasnya dipublikasikan, memperkirakan Repsol telah menghabiskan sekitar US$300 juta untuk mengeksploitasi area tersebut.
Karena itu, kalangan pengamat cukup terkejut ketika pemerintah Vietnam mundur sedemikian cepat.

Cina mengklaim hampir seluruh wilayah di Laut Cina Selatan, termasuk karang dan pulau di dalamnya. Langkah itu menciptakan persengketaan dengan sejumlah negara, termasuk Vietnam dan Filipina.
Pada 2014, kapal penjaga pantai dan kapal-kapal lain milik Cina dan Vietnam berkonfrontasi di dekat Kepulauan Paracel yang terletak di Laut Cina Selatan. Hal itu kemudian menimbulkan unjuk rasa antiCina di Vietnam.
Sejak peristiwa itu, kedua negara berupaya menghindari konfrontasi. (bbcindonesia.com)

AMMAN - Seorang warga Jordania tewas dan seorang warga Israel terluka parah dalam insiden penembakan di kedutaan besar negeri Yahudi itu di Amman, Minggu (23/7/2017).

Media setempat menyebut, pria Jordania itu tewas setelah berkelahi dengan seorang warga Israel di dalam gedung kedutaan besar.

Perkelahian yang belum diketahui penyebabnya itu membuat pria Jordania tersebut terkena dua tembakan di bahu sementara pria Israel tertikam di dadanya.

Aparat keamanan Jordania segera dikerahkan ke sekitar lokasi kedutaan besar Israel untuk mengamankan situasi.

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan negara-negara tetangganya terkait pemasangan detektor logam di sekitar masjid Al-Aqsa, Jerusalem.

Sebelumnya, pemerintah Jordania menyerukan pertemuan darurat para menteri luar negeri negara-negara Arab untuk membicarakan masalah ini.

Sementara pemerintah Israel sendiri mengatakan, pihaknya terbuka untuk mengubah langkah pengamanan di sekitar tempat suci umat Islam itu.

Aparat keamanan Israel memasang detektor logam di sekitar masjid Al-Aqsa menyusul serangan yang menewaskan dua polisi Israel pada 14 Juli lalu.

Pemerintah Israel mengatakan, pelaku penyerangan menyelundupkan senjata api ke dalam situs suci itu lalu menembak kedua polisi itu saat dia keluar dari dalam masjid. (kompas.com)

Indonesia melaju ke perempat final kejuaraan bulu tangkis Asia Junior Championships 2017 setelah menaklukkan Taiwan dengan skor 3-2 pada pertandingan yang berlangsung di Jaya Raya Sports Hall Training Center, Jakarta, Minggu (23/7/2017). Pasukan Merah-putih akan bertemu Singapura untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Hal ini dipastikan melalui proses undian yang berlangsung di tempat yang sama pada Minggu (23/7). Indonesia akan menjamu Singapura pada Senin (24/7/2017) pukul 10.00 WIB.

Manajer tim junior Indonesia, Susy Susanti, mengaku optimistis bisa merebut kemenangan atas Singapura.

"Lima sektor yang akan bertanding semua berpeluang menang. Tetapi tetap, kami tidak ingin mengecilkan Singapura. Pemilihan pemain juga diperhitungkan untuk persiapan semifinal," kata Susy seperti dikutip dari BolaSport.com, Senin (24/7).

Susy juga menambahkan bahwa dirinya tidak berani mencoba-coba untuk bongkar pasang pemain. Pihaknya sudah mempersiapkan tim dengan baik demi ambisi melangkah ke semifinal.

"Sudah dipersiapkan tim yang terbaik. Sektor-sektor andalan tidak boleh dilepas, karena pertandingan ini menggunakan sistem gugur," tambah legenda bulu tangkis Indonesia ini.

Jika berhasil mengalahkan Singapura, Indonesia akan melaju ke babak empat besar pada hari yang sama. Laga akan berlangsung pukul 16.00 WIB. (kompas.com)

Gempa berkekuatan besar yang berpusat di Laut Aegean telah menewaskan sedikitnya dua orang di Pulau Kos, Yunani, demikian keterangan otoritas negara itu.
Berkekuatan 6.7 skala Richter, pusat gempa berada sekitar 12km dari Pulau Kos, di dekat pesisir Turki, dengan kedalaman 10km, kata BMKG Amerika Serikat.
Sejumlah orang dilaporkan terluka di Pulau Kos, kata pejabat setempat, George Kyritsis.
Dan gelombang tsunami berukuran kecil dilaporkan sempat melanda pesisir Turki.
Sejumlah foto yang beredar di media sosial memperlihatkan gelombang air menerpa pergelangan kaki sejumlah pejalan kaki. (bbcindonesia.com)

Page 1 of 193

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM

Contact us

Jl. Adityawarman No. 71 Jakarta 12160
Jakarta, DKI Jakarta Indonesia
+62 21-7202443
Fax: +62 21-7202058
deltafm.net