Register
Vinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo Slider
android FB twiter

apple

BB

 

instagram

 

 

youtube

 

Jakarta
PDF
Print
E-mail
Kendaraan Berat Dilarang Melintas Saat "Long Weekend"

Written by Tian

JAKARTA - Kendaraan berat dilarang melintas di jalan nasional dan tol pada tanggal 4 Mei dan 8 Mei. Hal tersebut untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada saat libur panjang Isra Miraj dan kenaikan Isa Almasih.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta, Andri Yansah mengatakan dirinya sudah menandatangani surat edaran pelarangan kendaraan berat tersebut melintas saat puncak arus mudik dan arus balik pada tanggal 4 Mei hingga 8 Mei.

 

alt

 

"Kita himbau kepada operator angkutan dalam hal ini untuk mengoperasikan kendaraannya setelah pukul 24.00 WIB, pada tanggal 4 dan 8 Mei, hanya dua hari saja," ujarnya ketika dihubungi Selasa (3/5/2016).

Andri menjelaskan kendaraan berat baru boleh melintas setelah puncak arus mudik dan arus balik. Hal itu untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas yang biasa terjadi saat waktu tersebut.

Andri menambahkan, kendaraan berat pengangkut bahan bakar dan pengangkut sembako tetap boleh melintas saat tanggal 4 Mei dan 8 Mei 2016.

"Yang diperbolehkan hanya kendaraan berat yang mengangkut bbm dan sembako untuk melintas," ucapnya.

Andri menuturkan pihaknya telah bekerjasama dengan Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya untuk mengatur arus lalu lintas saatlong weekend tersebut. Menurut dia para personel tersebut akan diterjunkan di pintu keluar tol dan di sejumlah tempat rekreasi yang ada di Jakarta. (kompas.com)

 
PDF
Print
E-mail
Saat Buruh Menagih Kehadiran Negara

Written by Tian

Aksi buruh yang selalu diwarnai tuntutan perbaikan upah menunjukkan persoalan kesejahteraan belum juga terjawab.

Masih banyak buruh yang dibayar dengan upah minimum meski sudah bekerja bertahun-tahun dan berkeluarga. Sudah sepatutnya pemerintah lebih melindungi mereka.

Upah layak masih menjadi tuntutan utama yang disuarakan serikat-serikat buruh Indonesia. Sejak peringatan May Day tahun 2015, buruh terus menuntut kenaikan upah minimum hingga sebesar 30 persen dalam berbagai aksinya.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2012 tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak, upah minimum berlaku bagi buruh lajang dengan masa kerja kurang dari satu tahun, dihitung berdasarkan komponen kebutuhan hidup layak (KHL).

Saat ini, rentang upah minimum provinsi (UMP) pada tahun 2016 adalah Rp 1,3 juta per bulan hingga Rp 3,4 juta per bulan.

Menanggapi ketetapan jumlah UMP tersebut, sebagian besar responden (71,6 persen) setuju bahwa jumlah itu cukup layak untuk buruh lajang.

Namun, jumlah tersebut jelas tidak layak bagi buruh berkeluarga yang memiliki dua anak. Terlebih lagi jika jumlah upah itu diorientasikan untuk menjangkau pendidikan anak, perumahan, dan keterjaminan sosial lainnya.

Patut dicatat PP No 78/2015 juga menyebut bahwa penghasilan layak artinya mampu memenuhi kebutuhan hidup buruh dan keluarganya. Dari jawaban responden muncul rentang nilai UMP yang dinilai layak untuk buruh.

Dua dari tiga responden perkotaan di Pulau Jawa dan luar Jawa, UMP di daerah mereka seharusnya berkisar Rp 2 juta-Rp 4 juta per bulan.

Di sisi pemerintah, persoalan kenaikan upah buruh sudah coba diselesaikan melalui peluncuran Paket Kebijakan Ekonomi Tahap IV yang diumumkan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution pada 15 Oktober 2015.

Melalui kebijakan tersebut, upah buruh akan naik setiap tahun berdasarkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Jadi untuk UMP tahun 2017, misalnya, adalah UMP 2016 ditambah dengan hasil perkalian UMP 2016 ditambah inflasi dan pertumbuhan ekonomi tahun 2016.

 

alt

 

Aspek keadilan

Pemerintah memberlakukan formula ini dengan mempertimbangkan aspek keberlangsungan ekonomi dan keadilan bagi pengusaha dan buruh. Pada saat diumumkan, ada delapan provinsi yang dikecualikan, yakni Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Pasalnya, UMP delapan provinsi belum mencapai 100 persen dari KHL sehingga jika langsung diterapkan sesuai UMP, akan memberatkan pengusaha. Delapan provinsi baru akan menerapkan formula itu untuk UMP 2020.

Persoalan UMP memang pelik. Pasalnya, masih ada perusahaan belum mampu memenuhi standar UMP, terutama usaha kecil. Kenaikan UMP yang begitu drastis pun pasti mengguncang sektor industri padat karya seperti alas kaki dan mainan.

Ketika ongkos produksi naik, harga jual produk akan melejit sehingga daya saing turun. Berikutnya, pengusaha mengurangi jumlah buruh lalu menggantinya dengan mesin canggih. Pada akhirnya, jumlah pemutusan hubungan kerja (PHK) meningkat dan merugikan buruh.

Pada hakikatnya, kesejahteraan buruh tidak semata bergantung pada UMP yang tinggi. Kemampuan pemerintah menyediakan jaminan sosial, terutama kesehatan dan pensiun, bagi rakyat dan buruh menjadi salah satu indikator kesejahteraan.

Pembangunan fasilitas perumahan, pendidikan, dan kesehatan di dekat kawasan industri akan menyejahterakan buruh yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah.

Memang, undang-undang sudah menggratiskan biaya pendidikan sampai sekolah menengah atas milik pemerintah.

Pengusaha dan buruh pun wajib mengiur Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan meski kualitas pelayanannya belum memuaskan karena keterbatasan fasilitas kesehatan pemerintah.

Dari program-program pemerintah, sebagian responden menilai cukup positif jaminan sosial bagi buruh.

Sebanyak 64,8 persen dari 1.200 responden dalam survei tatap muka di seluruh Indonesia yang dilaksanakan April 2016 menilai pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla serius meningkatkan kesejahteraan buruh.

Meski demikian, bagi responden perkotaan, sebagaimana hasil jajak pendapat ini, kehadiran negara untuk melindungi buruh dinilai belum maksimal. Tiga dari lima responden menilai, upaya pemerintah dalam melindungi buruh dalam hubungan kerja dengan perusahaan belum memuaskan.

 

Gerakan buruh

Sebanyak 69 responden menilai positif penerapan kebebasan berserikat, berkumpul, dan berpendapat. Akan tetapi, gerakan buruh justru dinilai belum efektif dan cukup solid menghasilkan perubahan mendasar.

Tiga dari lima responden jajak pendapat menilai gerakan buruh lebih sering bergerak parsial sesuai kepentingan elite masing-masing daripada bersatu memperjuangkan tujuan bersama.

Hambatan utama perjuangan serikat buruh adalah konflik kepentingan pihak-pihak yang tidak sejalan dengan pergerakan buruh itu sendiri.

Dari dalam, responden masih melihat bahwa gerakan buruh lebih banyak diwarnai kepentingan elite serikat buruh daripada memperjuangkan kesejahteraan anggotanya.

Sementara itu, dua pertiga responden yakin bahwa ancaman dari luar serikat berupa kepentingan politik yang menumpangi perjuangan buruh.

Sampai kini, gerakan serikat buruh masih berkutat soal kesejahteraan yang diterjemahkan dengan menuntut kenaikan UMP.

Alhasil, wacana memperbaiki soliditas gerakan buruh, salah satunya dengan mendirikan partai politik, belum terkonsolidasi dengan baik. Pasalnya, antar-elite serikat buruh belum terbangun saling percaya.

Soliditas tetap menjadi kunci keberhasilan gerakan akar rumput agar perjuangan mencapai tujuan jangka panjang, yakni kesejahteraan buruh. (kompas.com)

 
PDF
Print
E-mail
Menang Pilkada 86 Persen, Risma Berpeluang Jadi Cagub DKI dari PDI-P

Written by Tian

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berpeluang menjadi calon gubernur DKI yang diusung PDI-P. Itu karena Risma adalah salah satu dari delapan kepala daerah yang memenangkan pilkada serentak tahun lalu dengan perolehan suara lebih dari 82 persen.

Sekretaris Jenderal PDI-P, Hasto Kristiyanto, mengatakan, dari 10 kepala daerah yang memenangkan pilkada dengan angka di atas 82 persen, delapan di antaranya yang diusung PDI-P.

alt

"PDI-P memberikan kesempatan yang sama pada delapan kepala daerah tadi untuk tampil di Pilgub DKI," katanya, Minggu (1/5/2016) malam di Surabaya.

Upaya tersebut, menurut dia, adalah ikhtiar PDI-P melalui pemetaan politik, untuk menyediakan figur calon pemimpin kepada warga DKI.

"Tapi tetap melalui mekanisme partai dan harus sesuai keinginan warga DKI, karena kedaulatan politik ada di tangan warga DKI," ujarnya.

Lalu bagaimana dengan 35 pendaftar cagub melalui PDI-P, kata Hasto, mereka tetap menjadi prioritas, dan PDI-P tetap akan melakukan serangkaian proses seleksi yang sudah ditentukan partai.

Hingga saat ini, PDI-P terus melakukan pemetaan politik menjelang Pilgub DKI tahun depan. PDI-P, kata dia, masih menjaring aspirasi warga DKI untuk mengetahui aspirasi calon pemimpin yang baik untuk warga DKI. 

Risma sendiri dalam Pilwali Surabaya akhir 2015 lalu mencatat kemenangan sebesar 86,22 persen atas lawannya, pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari.

Risma menggandeng Whisnu Sakti Buana yang juga ketua DPC PDI-P Surabaya. Nama Risma akhir-akhir ini kerap disebut sebagai cagub DKI yang diusung oleh PDI-P.

Risma juga kerap tampil dengan menunjukkan kedekatannya dengan Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri. Kemarin, Risma mengajak Megawati berkeliling taman Harmoni di Surabaya, sayangnya Megawati maupun Risma enggan berkomentar soal Pilgub DKI. (kompas.com)

 
PDF
Print
E-mail
Negosiator Sebut Pembebasan 10 WNI Tanpa Uang Tebusan, Ini Ceritanya...

Written by Tian

Salah satu negosiator yang ikut dalam pemulangan 10 warga negara Indonesia yang disandera oleh perompak di Filipina pimpinan Abbu Sayyaf menganalogikan peristiwa tersebut sebagai "ulah nakal anggota keluarga."

"Intinya ini ada anak nakal dalam satu keluarga. Nah, bagaimana kita komunikasi dengan itu," kata negosiator Eddy Mulya sebagai Minister Counsellor, Koordinator Fungsi Politik dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila, Filipina, saat ditemui di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (1/5/2016) malam.

Ia menekankan bahwa pembebasan 10 WNI tersebut murni atas hasil negosiasi tanpa adanya uang tebusan.

 

alt


"Ini full negosiasi. Ada sahabat saya Pak Baidowi dengan teman-teman mereka yang atur, kita tindak lanjutnya," tutur Eddy.

 

Dia mengungkapkan bahwa pendekatan yang dilakukan lebih kepada hubungan antarpersonal yang sudah terjalin melalui kerja sama pendidikan. 

Dalam hubungan tersebut, ada seseorang yang dituakan dan dihormati bersama sehingga menghasilkan perundingan pembebasan sandera 10 WNI.

Eddy tidak mau menyebut apabila negosiasi yang dilakukan berkaitan dengan adanya utang budi pihak penyandera dengan tim negosiasi yang dipimpin Baidowi.

 

"Kami enggak ada utang budi. Jangan berpikiran negatif. Kita kerja sama sesama umat Islam," ucap dia.

Dalam siaran pers yang diterima sebelumnya disebutkan bahwa pembebasan sandera dilakukan atas kerja Tim Kemanusiaan Surya Paloh yang merupakan sinergi gabungan jaringan pendidikan Yayasan Sukma atau Sekolah Sukma Bangsa di Aceh, pimpinan Ahmad Baidowi.

Namun, Eddy mengatakan dirinya tidak bisa menceritakan secara detil tentang proses penyanderaan hingga pembebasan 10 WNI yang merupakan anak buah kapal Brahma-12. Dia juga enggan menjawab pertanyaan apakah motif penyanderaan murni uang tebusan.

Sebanyak 10 ABK yang disandera telah tiba di Tanah Air melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu (1/5/2016) pukul 23.30 WIB. Para sandera langsung dibawa ke RSPAD Gatot Subroto untuk pengecekan kesehatan. (kompas.com)

 
PDF
Print
E-mail
KAWAN LAMA GROUP LUNCURKAN RUPARUPA.COM SOLUSI BELANJA ONLINE MUDAH DAN MENYENANGKAN

Written by Tian
Jakarta, April 2016 – Kesibukan yang padat membuat Anda tak punya waktu banyak untuk berbelanja di toko? Permasalahan ini banyak dijumpai masyarakat masa kini di Indonesia. Bahkan kecenderungan ini pun juga sudah wajar terjadi bagi masyarakat dunia. Kemajuan teknologi dan perubahan jaman mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih modern dan digitalized. Berbagai channel yang baru semakin berkembang dalam berbelanja. Kini, Anda tak perlu lagi mengeluarkan effort yang besar untuk memperoleh produk kebutuhan hidup. Tak perlu berjibaku dengan kemacetan lalu lintas, meninggalkan anak Anda dan keluarga di rumah, serta masih banyak hal lain yang bisa “diselamatkan” untuk membeli produk yang diperlukan.
 
Pada Rabu, 27 April 2016 di ACE Gandaria City, Kawan Lama Group meluncurkan bisnis ECommerce bernama ruparupa.com yang menjadi solusi dari kesibukan Anda di rumah dan di kantor ataupun dimanapun Anda berada untuk bisa tetap berbelanja. Kehadiran ruparupa.com menjadi pelengkap sekaligus pilihan destinasi belanja baru bagi para ruppers, sebutan bagi para pelanggan ruparupa.com. Cukup dengan satu klik, Anda bisa mendapatkan beragam produk ACE, Informa, dan Toys Kingdom dengan lebih mudah. Pada peluncurannya, lebih dari 10.000 jenis produk dihadirkan dalam 10 kategori seperti Rumah Tangga, Kebutuhan Dapur, Bed & Bath, Home Improvement, Furniture, Otomotif, Hobi dan Gaya Hidup, Kesehatan & Oleh Raga, Elektronik serta Mainan & Bayi. Ratusan produk baru juga di tambah setiap harinya. 
 
alt
 
Corporate Marketing Director Kawan Lama Group, Nana Puspa Dewi mengatakan “Era digital telah mengubah cara kita berkomunikasi dan cara pandang, baik secara positif maupun negatif. Dan siapapun yang tidak mengikuti tren tentu akan tertinggal.” lebih lanjut Nana Puspa Dewi mengatakan “Di Indonesia, saat ini lebih dari 88 juta orang merupakan pengguna internet. Untuk itu, ruparupa.com optimis hadir sebagai salah satu pilihan masyarakat untuk belanja online. Selain itu, ruparupa.com juga
menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin berbelanja produk ACE, Informa dan Toys Kingdom meskipun brand tersebut belum hadir di kota mereka.”
Teresa Wibowo, Direktur ruparupa.com menambahkan “Visi dari ruparupa.com adalah ingin menjadi mitra dan teman terpercaya Anda yang menyediakan kebutuhan untuk setiap tahap kehidupan Anda dengan berusaha memberikan pengalaman belanja online terbaik untuk perbaikan hidup melalui layanan yang baik dalam hal kualitas kerja, pengiriman tepat waktu, perilaku profesional, layanan pelanggan dan harga yang wajar, satu kali klik dalam satu waktu.” 
Banyaknya online shop yang berkembang saat ini membuat ruparupa.com menghadirkan kemudahan berbelanja yang lebih. Diantaranya, gratis ongkos kirim untuk daerah Jabodetabek dengan pembelanjaan senilai Rp.300 ribu, harga yang kompetitif,  metode pembayaran yang mudah dengan adanya program cicilan 0% menggunakan kartu kredit BNI dan Mandiri, dan sistem pembayaran yang aman. 
 
Keuntungan lain dengan berbelanja di ruparupa.com adalah adanya fasilitas STOPS (Store PickUp Service) yang memungkinkan Anda bisa memesan produk yang diinginkan sebelum datang ke store lalu mengambil sendiri pesanan Anda di beberapa store ACE, Informa, atau Toys Kingdom yang telah ditentukan. Jadi, Anda bisa mendapatkan pengalaman berbelanja yang berbeda sekaligus mengombinasikan pengalaman antara berbelanja online dan konvensional melalui ruparupa.com. Tak hanya itu, ruparupa.com akan terus berkembang di masa yang akan datang dengan menawarkan pilihan yang tak terbatas pada produk-produk Kawan Lama Group, namun juga dari berbagai vendor terkemuka lainnya untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan melalui varian produk yang beragam. 
Bagi para pemegang kartu member dari Kawan Lama Retail, keuntungan lebih bisa didapatkan dengan berbelanja di ruparupa.com yaitu point redemption dimana para member ACE, Informa, dan Toys Kingdom menukarkan poin yang dimiliki dengan voucher belanja di ruparupa.com. Satisfaction Guarantee juga menjadi brand promise yang ditawarkan ruparupa.com dimana Anda dapat mengembalikan produk yang tidak sesuai dengan keinginan  selama 14 hari kerja.
Ruparupa.com hadir untuk meningkatkan kualitas hidup Anda hanya dengan sekali klik kapanpun dan dimanapun Anda berada! Segera nikmati hidup yang lebih baik di setiap tahap kehidupan Anda bersama ruparupa.com. Let's get more!
 
Dirilis oleh :
PT. OMNI DIGITAMA INTERNUSA. ialah one stop online shopping di bawah payung Kawan Lama Group yang menjadi exclusive online retailer untuk ACE Hardware, Informa, dan Toys Kingdom. Ruparupa.com menyediakan berbagai produk  perlengkapan rumah tangga, furnishings, koleksi mainan terkini dan gaya hidup lebih dari 10.000 jenis produk dan standard service meliputi delivery service, STOPS (Store Pick-Up Service) , member, secure payment dan 100% satisfaction guarantee. Sesuai slogan, “Let's get more”, ruparupa.com berusaha memenuhi kebutuhan  para pelanggan untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik dalam setiap tahap kehidupannya.
 
Informasi selengkapnya, silakan hubungi pusat layanan informasi di nomor 021-5829191 atau email This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Untuk keperluan data peliputan , silakan menghubungi : Reza Rinaldi Mardja, Public Relations, 087880424194 Medya Ika Ayu, Public Relations, 0817 0118 842
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 1 of 271

Delta on Twitter

S5 Box

Login



Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.