Rate this item
(0 votes)
in News

Gelapkan Sumbangan, Biksu Thailand Divonis 114 Tahun Penjara

By Published August 10, 2018

Pengadilan menghukum seorang mantan biksu Thailand 114 tahun penjara, setahun setelah dia diekstradisi dari Amerika Serikat, Kamis (9/8). Wiraphon Sukphon, 39, dituduh menggelapkan sumbangan dan memperkosa perempuan di bawah umur.

Wiraphon menjadi berita utama pada 2013 setelah muncul dengan kaca mata hitam buatan desainer dan tas Louis Vuitton di sebuah jet pribadi.

Biksu berusia 39 tahun itu kabur ke Amerika Serikat setelah dituduh memperkosa seorang anak. Wiraphon juga diduga menggelapkan uang sumbangan pembangunan Patung Buddha terbesar di dunia yang terbuat dari batu zamrud.


Pemeriksaan lebih lanjut mengungkap. bahwa Wiraphonmemiliki beberapa mobil mewah dan sejumlah rekening bank senilai US&700 ribu (Rp10 miliar).

Wiraphon terbukti melakukan pencucian uang, penipuan dan melanggar Undang-undang Kejahatan Komputer dengan menggalang dana secara online.

"Para hakim memvonis dia 114 tahun penjara," kata pejabat pengadilan Bangkok seperti dilansir kantor berita AFP.

Di bawah hukum Thailand, Wiraphon tidak akan menjalani hukuman lebih dari 20 tahun dari vonis.

Wiraphon juga dimita mengembalikan uang 28,6 juta baht (Rp12,4 miliar) kepada 29 donatur yang mengajukan pengaduan.

Dia juga dituduh melakukan hubungan seksual dengan perempuan di bawah umur satu dekade lalu dan memiliki seorang anak. Wiraphon terancam hukuman tambahan 20 tahun penjara jika terbukti bersalah. (CNN Indonesia)

Read 58 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM