Rate this item
(0 votes)
in News

Kapal yang 'diduga membawa emas' ditemukan setelah karam selama 113 tahun

By Published July 20, 2018

Tim penyelamat kapal tenggelam mengatakan, mereka menemukan bangkai kapal perang Rusia yang karam 113 tahun lalu di sebuah pulau yang terletak di lepas pantai Korea Selatan.

Perusahaan konstruksi kelautan di Korea Selatan, Shinil Group, mengungkapkan timnya menemukan kapal bernama Dimitrii Donskoi itu dekat pulau Ulleungdo.

Perusahaan tersebut sudah lama mengklaim telah menemukan bangkai kapal itu, di tengah rumor bersejarah tentang adanya harta karun di kapal yang karam tersebut.

Kapal perang itu ditenggelamkan oleh awaknya pada tahun 1905 setelah Jepang memenangkan perang dalam Pertempuran Tsushima - momen utama dari Perang Rusia-Jepang.

Setelah selesai dibangun pada tahun 1885, kapal perang ini melayani pelayaran ke laut Mediterania dan Baltik sebelum menuju ke kawasan Pasifik.

Meski tidak mengalami kerusakan parah, kapal tersebut karam dan diserang oleh tentara Jepang. Lalu para awak kapal menenggelamkan Donskoi di pulau Ulleungdo.

Desas-desus terus berlanjut bahwa Donskoi membawa emas untuk Armada Pasifik Rusia, yang digunakan untuk membayar gaji awak kapal dan biaya dok - emas tersebut akan bernilai miliaran dolar jika ditemukan di era sekarang.

Namun sejauh ini tidak ada bukti bahwa kapal itu mengangkut emas, para akademisi bahkan ragu jika kapal perang itu membawa muatan berharga.

Kirill Kolesnichenko, seorang profesor ilmu sosial dari Universitas Far Eastern Federal Rusia, mengatakan kepada situs berita Rusia RIA Novosti bahwa, menyimpan semua uang dalam sebuah kapal dinilai terlalu berbahaya.

Dia juga mempertanyakan mengapa pada masa itu Rusia mengangkut emas dengan kapal, padahal bisa diangkut dengan kereta ke Vladivostok tanpa mengundang risiko.

 

Namun demikian, beberapa perusahaan Jepang dan Korea Selatan telah melakukan upaya untuk menemukan bangkai kapal tersebut pada abad terakhir.

Perusahaan Don-A Construction dinyatakan bangkrut oleh Pengadilan Distrik Seoul pada tahun 2001 setelah mengklaim telah menemukan reruntuhan kapal, tetapi gagal mengangkatnya dari dasar laut.

Sekarang, perusahaan Shinil Group mengatakan mereka akhirnya menemukan kapal Donskoi, dan mengunggah foto secara daring dan cuplikan video di YouTube tentang dugaan penemuan bangkai kapal oleh tim mereka.

Namun, beberapa kalangan meragukan tentang perusahaan tersebut.

Situs berita Korea Selatan Chosun Biz melaporkan bahwa Shinil Group baru didirikan pada bulan Juni, meskipun dikatakan bahwa ini adalah perusahaan pengganti untuk Shinil Corporation, yang didirikan pada tahun 1957.

Selain itu, ada laporan bahwa perusahaan didirikan dengan modal sekitar 100 juta won Korea (atau Rp1,2 miliar).

Sementara itu BBC Korea mengatakan, perusahaan tersebut masih belum mengajukan permohonan hak penyelamatan kapal ke Kementerian Kelautan dan Perikanan Korea Selatan, dan untuk melakukannya perlu membayar 10% dari nilai perkiraan bangkai kapal - yang jika rumor itu benar, akan jauh lebih bernilai dibanding perusahaan itu sendiri.

Shinil Group mengatakan kepada BBC Korea bahwa mereka akan mengadakan konferensi pers secepatnya untuk menjelaskan semua keraguan, dan bahwa proses pengangkatan bangkai kapal itu akan memakan waktu "sekitar tiga bulan". (BBC Indonesia)

Read 218 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM