Lifestyle



Setiap orang pasti memiliki setidaknya satu celana jeans atau jins. Celana jins seringkali menjadi andalan karena bisa dipadukan dengan berbagai jenis busana dan bisa digunakan di berbagai kesempatan. Namun, karena terlalu sering digunakan, jins terkadang cepat belel atau mengalami perubahan bentuk dan ukuran. Hal itu salah satunya karena kurangnya pengetahuan soal perawatan jins. Padahal, perawatan jins sebetulnya tidak terlalu ribet dan sulit, lho!

Setidaknya, ada lima tahapan yang bisa kita ikuti.
1. Melenturkan jins (break in)
Untuk bisa dicuci, kamu harus memastikan jins sudah melalui tahap break in, atau proses dimana tekstur denim lebih lentur karena digunakan lebih sering. Namun, hal ini bergantung pada gaya hidup masing-masing orang. Jins yang dipakai orang yang aktif tentunya akan menjadi beda dengan jins milik orang yang sehari-hari hanya duduk di balik meja. Untuk lebih aman, tunggu hingga enam bulan. Setelah itu, warna dan tekstur jins akan berada dalam keadaan sempurna untuk pencucian pertama.

2. Cara penyimpanan denim
Hindari menyimpan jins dengan cara dilipat. Melipat jins, atau lebih buruk lagi sekadar melemparnya ke sudut ruangan, akan membuatnya kusut di bagian-bagian yang tidak seharusnya. Gantunglah jins di bagian lingkar ikat pinggang sehingga bentuk jins akan cenderung lebih awet. Jins juga akan menjadi lebih keren jika diangin-anginkan setelah dipakai.

3. Mencuci denim
Jangan terlalu terburu-buru mencuci denim. Tapi, jangan khawatir pula untuk mencucinya ketika sudah dibutuhkan. Tidak peduli seberapa bagus tampilannya, cucilah jins bila mulai berbau. Sebab, tak akan ada orang yang kagum dengan penampilanmu jika jinsmu berbau tak sedap. Cucilah bagian luar dan dalam jins kemudian rendamlah di air dingin menggunakan deterjen, terpisah dari pakaian lain. Cara ini sangat tepat untuk mempertahankan warna jins dan menghindari kerutan yang tidak diinginkan. Jika kamu masih khawatir dengan warnanya, lakukan lah cuci kering alias dry clean.

4. Mengeringkan denim
Cukup keringkan denim dengan diangin-anginkan. Jangan keringkan jins dengan pengering. Udara yang panas juga akan menyebabkan penyusutan pada jins. Mengeringkannya secara alami tidak akan mengubah bentuk jins. Setelah mencucinya, ratakan jeans dengan tangan sehingga tak ada lagi kerutan. Kemudian, gantung di tempat sejuk yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Sebab, sinar matahari bisa membuat warna jins menjadi belel.

5. Memperbaiki
Perbaiki bagin jeans yang rusak sejak dini. Hal ini perlu dilakukan agar "luka" pada jins tidak semakin parah. Ketika melihat bagian yang compang-camping di garis jahitan atau selangkangan. Sebelum semakin rusak, pastikan bagian tersebut diperbaiki. Penting bagi kita untuk menguasai sedikit teknik dasar menjahit untuk memperbaiki jeans kita yang rusak, robek, atau berlubang agar tetap natural seperti baru. (KOMPAS.com)

Sejumlah negara di dunia saat ini sedang mengalami musim panas. Musim pun memengaruhi tren fesyen dunia, termasuk cara berpakaian. Namun, tren fesyen musim panas tak selalu bisa diikuti di Indonesia yang hanya memiliki dua musim. Fashion stylist Kesya Moedjenan berbagi tipsnya. Menurut dia, tampilan bergaya musim panas di perkotaan dengan daerah seperti Bali tentu berbeda. "Di Jakarta tampilan se-summer apa pun pasti bajunya akan lebih formal." "Di Jakarta kita enggak mungkin pakai baju seperti di Bali," ujar Kesya seusai Summer Trunk Show Plaza Indonesia, Jumat (13/7/2018).

Jika ingin tampil ala musim panas, Kesya menyarankan kita untuk memilih potongan yang tak terlalu bertumpuk dengan bahan pakaian yang ringan dan sejuk.

Ia juga menyarankan untuk melakukan permainan motif. Sebab, untuk cuaca di Indonesia kita tidak mungkin mengadopsi gaya berpakaian musim panas di negara empat musim. Sementara dari segi warna, tren saat ini, menurut dia, mengarah pada warna kuning, ungu, pink, hingga putih. "Kalau pakai hijab, atasan dan bawahan hitam, mungkin kerudung bisa motif bunga," tutur dia.

Kuncinya, kata dia, adalah penekanan pada satu aksen dengan memilih warna terang. Kesya mencontohkan pakaian warna kuning yang digunakannya saat itu. Namun, tak semua orang berani menggunakan pakaian berwarna kuning, sehingga sentuhan aksesori bernuansa musim panas bisa menjadi pilihan. "Untuk daily wear mungkin sentuhan bros atau aksesori motif bunga dan daun-daun," ujar wanita yang menjadi stylist Summer Trunk Show Plaza Indonesia itu. (KOMPAS.com)

Banyak orang melakukan diet dan berhasil menurunkan berat badan sesuai targetnya. Namun, setelah mencapai target tersebut, tak sedikit yang berat badannya kembali ke asal. Mengapa bisa demikian? Head of Health Committee Nutrifood, Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC menjelaskan fenomena yang dinamakan "yoyo diet" tersebut. Dia mengatakan, fenomena itu terjadi setelah seseorang melakukan diet secara ekstrem dengan menghilangkan secara drastis asupan makronutrien tertentu. Misalnya lemak atau karbohidrat.

"Setelah dietnya selesai atau setelah turun berat badan tertentu dia balik ke pola hidup lama." "Alhasil karena tubuhnya mengalami perubahan, jadinya malah ketika pola hidupnya balik berat badannya bertambah daripada awalnya." Demikian penjelasan Aldis saat berbincang dengan Kompas Lifesty

Demikian penjelasan Aldis saat berbincang dengan Kompas Lifestyle, Kamis (12/7/2018). Padahal, kata Aldis, tubuh membutuhkan gizi seimbang, namun dengan porsi yang tak berlebihan. Dengan dihilangkannya satu makronutrien tertentu, metabolisme tubuh akan berubah. Apalagi, jika sebelumnya orang tersebut biasa mengonsumsi makronutrien yang dihilangkan, akan timbul faktor psikologis setelahnya. "Karena cenderung enggak biasa tanpa nasi, misalnya, jadi cranky dan perlu pelampiasan setelah achieve turun berat badan tertentu." "Dia ingin self reward, akhirnya berat badan justru kembali ke yang lebih parah," ucap dia. Menurut Aldis, tak masalah jika kita ingin mengikuti tren diet yang sedang ramai dibincangkan.

Namun, ia mengingatkan, ada pola makan sehat yang mampu membantu kita menurunkn berat badan tanpa harus memangkas asupan makann terlalu ekstrem. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan: 1. Mengimbangi suatu pola diet dengan olahraga untuk menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi. "Kalau enggak olahraga, tubuh cenderung gampang buat menumpuk lemak," ujar Aldis. 2. Jangan sampai mengeliminasi salah satu jenis makanan atau makronutrien tertentu. 3. Jika ingin mengikuti tren diet tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi, jika kita memiliki masalah kesehatan tertentu. 4. Pilih pola diet paling aman, yaitu dengan cara tetap makan normal, namun dengan mengurangi sedikit demi sedikit porsi makan secara perlahan. (KOMPAS.com)

Kencan pertama bukan cuma menjadi momen istimewa untuk mengenal lebih dalam kepribadian si dia, tapi juga bisa menentukan apakah hubungan ini dapat berlanjut pada hal yang lebih serius. Ada beberapa tanda yang mengisyaratkan jika pasangan kencan kita menginginkan hal yang lebih serius. Kita hanya perlu lebih jeli menangkapnya. Susan Winter, pakar hubungan dari New York, dan Leslie Beth Wish, selaku ahli psikoterapi, mengungkapkan beberapa tanda yang menunjukan keseriusan seseorang saat kencan pertama. Apa sajakah tanda-tanda tersebut:

1. Memberi tahu di awal

Menurut Susan Winter, orang yang benar-benar menginginkan hubungan serius akan mengatakannya saat kencan pertama. Meski terasa terburu-buru, namun hal tersebut mengandung kejujuran. Menurut Leslie Beth Wish, seseorang yang mengetahui apa yang mereka inginkan dalam pasangan adalah hal baik yang menunjukan kesiapan mereka.

2. Dia mengajukan pertanyaan mendalam

Ketika mencari pasangan untuk hubungan yang serius, seseorang pasti akan menanyakan pertanyaan yang mendalam. Meskipun mereka dapat membuka percakapan dengan pertanyaan sederhana, pembicaraan tersebut pada akhirnya akan beralih untuk menggali tujuan dan nilai hidup masing-masing. Jika obrolan pada saat kencan hanya berkutat pada hal dangkal dan si dia mengalihkan upaya untuk membicarakan hal mendalam, maka ini menunjukan hal sebaliknya. Menanyakan pendapat kita seputar hal penting dalam suatu hubungan atau hal yang kita pelajari dalam hubungan di masa lalu adalah contoh pertanyaan yang menandakan keseriusan.

3. Dia menanyakan apa yang kita cari

Menurut Winter, hubungan asmara memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Orang yang mencari komitmen serius akan memastikan kita memiliki tujuan yang sama dengannya. Keseriusan seseorang bisa dilihat saat kencan pertama. Namun, kita tak boleh terburu-buru menjalani komitmen. Saat kita merasa yakin jika dia orang yang tepat, Winter dan Wish menyarakan kita untuk menyatakan langsung mengenai pandangan hidup kita kepadanya. Namun, jangan menetapkan target terlalu tinggi. Biarkan semuanya berjalan apa adanya. Jika ternyata banyak ketidakcocokan, berarti mungkin sudah saatnya memilih jalan berbeda. (kompas.com)

Page 1 of 157

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM